RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK Ibrahimy Panji
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai
faktor, penyebab konflik dan mobilitas
sosial
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur
sosial dalam fenomena kehidupan
Indikator :
- Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
- Struktur sosial didskripsikan menurut
bentuk dan fungsinya
- Toleransi diterapkan dalam pergaulan antar individu
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengetahui tentang pengertian struktur sosial dan ciri.
- Membentuk siswa tentang fungsi dan bentuk struktur sosial
II. Materi Pembelajaran
a.
Pengertian Struktur Sosial
Struktur sosial Adalah suatu tatanan
sosial dalam kehidupan masyarakat yang didalamnya terkandung hubungan timbal
balik antara struktur dan peranan dengan batas – batas perangkat unsur-unsur
yang menunjuk pada suatu keteraturan perilaku, sehingga memberikan bentuk
sebagai suatu masyarakat. Secara
singkat struktur sosial didefinisikan sebagai pola dari hak dan kewajiban para
pelaku dalam suatu sistem interaksi, yang terwujud dari rangkaian-rangkaian
hubungan sosial yang relatif stabil dalam suatu jangka waktu tertentu. Pengertian
hak dan kewajiban para pelaku dikaitkan dengan masing-masing status dan peranan
para pelaku. Status dan peranan bersumber pada sistem penggolongan yang ada
dalam kebudayaan masyarakat yang bersangkutan, dan yang berlaku menurut
masing-masing pranata dan situasi-situasi sosial dimana interaksi sosial itu
terwujud. Struktur sosial adalah pola perilaku dari setiap individu masyarakat
yang tersusun sebagai suatu sistem. Seorang individu menjadi anggota keluarga,
keanggotaannya dalam keluarga berarti menempatkan dirinya dalam suatu kedudukan
tertentu atau status dalam keluarga tersebut adalah serangkaian hak dan kewajiban
yang harus dipenuhi sebagai anggota keluarga, yang terwujud dalam bentuk
peranannya (macam dan corak tindakan yang diharapkan untuk diwujudkannya oleh
orang lain yang terlibat dalam hubungan sosial) berbagai interaksi sosial dalam
ruang lingkup kegiatan keluarga. Sebuah situasi sosial terdiri atau serangkaian
aturan-aturan atau norma-norma yang mengatur penggolongan para pelaku menurut
status dan peranannya dan yang membatasi macam tindakan-tindakan yang boleh dan
yang tidak boleh serta yang seharusnya diwujudkan oleh para pelakunya. Sebuah
situasi sosial biasanya menempati suatu ruang atau wilayah tertentu yang
khususnya untuk situasi sosial tertentu, walaupun tidak selamanya demikian
keadaannya sebab ada ruang atau wilayah yang mempunyai fungsi majemuk. Contoh
berkenaan dengan pembahasan situasi sosial yang ada dalam ruang lingkup
kegiatan keluarga, antara lain situasi sosial di meja makan. Pada waktu makan
bersama, misalnya kursi-kursi diatur sedemikian rupa yang memperlihatkan
perbedaan status dari para anggota keluarga yang makan malam bersama tersebut. Ayah
sebagai kepala keluarga duduk di kursi yang terletak di kepala meja. Ayah
memulai makan bersama dengan cara memulai menyendok nasi terlebih dahulu, atau
disendokkan nasinya oleh ibu.
Ciri – Ciri umum
struktur sosial
o
Struktur sosial pada hubungan – hubungan
sosial yang pokok dapat memberikan bentuk dasar pada masyarakat
o
Struktur sosial mencakup semua hubungan
sosial antara individu-individu pada saat tertentu
o
Struktur sosial merupakan realitas
sosial yang bersifat status
b.
Bentuk – bentuk Struktur Sosial
o
Difrensiasi sosial
o
Strakfikasi sosial
c.
Fungsi Struktur Sosial
o
Sebagai dasar untuk menanakan disiplin
sosial
o
Sebagai pengawas sosial
o
Merupakan karakteristik yang khas dalam
suatu masyarakat
III. Metode Pembelajaran
Ø
Ceramah
Ø
Diskusi
Ø
Perangkat tugas
IV. Langkah – Langkah
- Kegiatan awal
·
Memotifasi
siswa tentang materi pelajaran
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
·
Menjelaskan tantang materi Pelajaran
tentang struktur sosial
·
Diskusi tentang Struktur Sosial
- Kegiatan Akhir
·
Menyakan kembali materi yang telah dio
jelaskan
·
Memberikan kesimpulan
V. Alat, bahan, sumber belajar
·
Modul bahan ajar
·
Buku yang relevan
·
Koran
|
|
|
Situbondo, Juli 2012
|
Mengetahui,
|
|
Kepala SMK Ibrahimy Panji
|
Guru Mata Diklat
|
Drs. Moh. Laili Hasan, M. Pd.I.
|
Imran
Rasyadi, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar