Rabu, 12 Desember 2012

RPP XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah             : SMK Ibrahimy Panji
Mata Pelajaran             : IPS
Kelas/Semester            : XI/Ganjil
Standar Kompetensi     : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor, penyebab konflik dan mobilitas
  sosial
Kompetensi Dasar       : Mendiskripsikan bentuk-bentuk  struktur sosial dalam fenomena kehidupan
Indikator                      : - Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
                                      - Struktur sosial didskripsikan menurut bentuk dan fungsinya
                                      - Toleransi diterapkan dalam pergaulan antar individu
Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit

I. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat mengetahui tentang pengertian struktur sosial dan ciri.
  • Membentuk siswa tentang fungsi dan bentuk struktur sosial

II. Materi Pembelajaran
a.       Pengertian Struktur Sosial
            Struktur sosial Adalah suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang didalamnya terkandung hubungan timbal balik antara struktur dan peranan dengan batas – batas perangkat unsur-unsur yang menunjuk pada suatu keteraturan perilaku, sehingga memberikan bentuk sebagai suatu masyarakat. Secara singkat struktur sosial didefinisikan sebagai pola dari hak dan kewajiban para pelaku dalam suatu sistem interaksi, yang terwujud dari rangkaian-rangkaian hubungan sosial yang relatif stabil dalam suatu jangka waktu tertentu. Pengertian hak dan kewajiban para pelaku dikaitkan dengan masing-masing status dan peranan para pelaku. Status dan peranan bersumber pada sistem penggolongan yang ada dalam kebudayaan masyarakat yang bersangkutan, dan yang berlaku menurut masing-masing pranata dan situasi-situasi sosial dimana interaksi sosial itu terwujud. Struktur sosial adalah pola perilaku dari setiap individu masyarakat yang tersusun sebagai suatu sistem. Seorang individu menjadi anggota keluarga, keanggotaannya dalam keluarga berarti menempatkan dirinya dalam suatu kedudukan tertentu atau status dalam keluarga tersebut adalah serangkaian hak dan kewajiban yang harus dipenuhi sebagai anggota keluarga, yang terwujud dalam bentuk peranannya (macam dan corak tindakan yang diharapkan untuk diwujudkannya oleh orang lain yang terlibat dalam hubungan sosial) berbagai interaksi sosial dalam ruang lingkup kegiatan keluarga. Sebuah situasi sosial terdiri atau serangkaian aturan-aturan atau norma-norma yang mengatur penggolongan para pelaku menurut status dan peranannya dan yang membatasi macam tindakan-tindakan yang boleh dan yang tidak boleh serta yang seharusnya diwujudkan oleh para pelakunya. Sebuah situasi sosial biasanya menempati suatu ruang atau wilayah tertentu yang khususnya untuk situasi sosial tertentu, walaupun tidak selamanya demikian keadaannya sebab ada ruang atau wilayah yang mempunyai fungsi majemuk. Contoh berkenaan dengan pembahasan situasi sosial yang ada dalam ruang lingkup kegiatan keluarga, antara lain situasi sosial di meja makan. Pada waktu makan bersama, misalnya kursi-kursi diatur sedemikian rupa yang memperlihatkan perbedaan status dari para anggota keluarga yang makan malam bersama tersebut. Ayah sebagai kepala keluarga duduk di kursi yang terletak di kepala meja. Ayah memulai makan bersama dengan cara memulai menyendok nasi terlebih dahulu, atau disendokkan nasinya oleh ibu.
Ciri – Ciri umum struktur sosial
o   Struktur sosial pada hubungan – hubungan sosial yang pokok dapat memberikan bentuk dasar pada masyarakat
o   Struktur sosial mencakup semua hubungan sosial antara individu-individu pada saat tertentu
o   Struktur sosial merupakan realitas sosial yang bersifat status

b.      Bentuk – bentuk Struktur Sosial
o   Difrensiasi sosial
o   Strakfikasi sosial
c.       Fungsi Struktur Sosial
o   Sebagai dasar untuk menanakan disiplin sosial
o   Sebagai pengawas sosial
o   Merupakan karakteristik yang khas dalam suatu masyarakat

III. Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah
Ø  Diskusi
Ø  Perangkat tugas

IV. Langkah – Langkah
  1. Kegiatan awal
·          Memotifasi siswa tentang materi pelajaran
·          Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  1. Kegiatan Inti
·         Menjelaskan tantang materi Pelajaran tentang struktur sosial
·         Diskusi tentang Struktur Sosial
  1. Kegiatan Akhir
·         Menyakan kembali materi yang telah dio jelaskan
·         Memberikan kesimpulan

V. Alat, bahan, sumber belajar
·          Modul bahan ajar
·          Buku yang relevan
·          Koran




Situbondo,     Juli 2012
Mengetahui,

Kepala SMK Ibrahimy Panji
Guru Mata Diklat




Drs. Moh. Laili Hasan, M. Pd.I.




Imran Rasyadi, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar